Umat Islam di seluruh dunia mempercayai adanya satu bulan dalam satu tahun yang mempunyai keistimewaan lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Bulan tersebut adalah bulan Ramadhan. Selama satu bulan, umat Islam menunaikan puasa secara berturut-turut, tujuannya untuk mengendalikan hawa nafsu dan meningkatkan rasa empati kepada mereka yang kekurangan dan biasa kelaparan.

Selama bulan Ramadhan, Allah memberikan pahala yang berlipat ganda kepada umatNya. Shalat sunnah, mengaji, berpuasa, berdzikir, dan berdoa mendapatkan ganjaran berlimpah. Kelebihan-kelebihan ini biasanya akan dijelaskan secara gamblang dalam khutbah menyambut Ramadhan.

Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan Lain

Pixabay.com

Sangat penting bagi seorang muslim mengetahui apa saja kelebihan dan keutamaan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lain. Ketika kita sudah mengetahuinya, secara otomatis kita akan terpacu untuk melakukan amalan-amalan tersebut dengan baik dan benar. Langsung saja, berikut uraiannya:

  1. Bulan Turunnya Al-Qur’an

Salah satu sebab tingginya kemuliaan bulan Ramadhan ialah, bulan dimana Al-Qur’an diturunkan. Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang turun kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur dan dibukukan. Kitab ini sangat mulia. Bahkan setiap orang yang ingin menyentuhnya harus dalam keadaan suci. Demikianlah keutamaan bulan Ramadhan yang pertama adalah sebab turunnya Al-Qur’an pada bulan tersebut.

  1. Ganjaran Pahala Berlipat Ganda

Sebagaimana sudah disinggung diatas, setiap amal ibadah dan perbuatan baik dalam bulan Ramadhan akan mendapatkan ganjaran pahala berlipat ganda. Di bulan Ramadhan sendiri banyak ibadah-ibadah tambahan yang khusus dilakukan pada bulan itu saja, yakni shalat sunnah tarawih dan bagi-bagi buka puasa.

  1. Waktu Terbaik Untuk Memberikan Sedekah

Salah satu tujuan diperintahkannya puasa Ramadhan ialah, supaya setiap manusia merasakan lapar dan haus. Mengingatkan kita sebagai umat muslim terhadap penderitaan kaum fakir miskin dan seringkali menahan haus dan lapar karena tidak adanya makanan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika bulan Ramadhan menjadi ajang berlomba-lomba bersedekah.

Munculnya rasa empati dan iktikad saling membantu sesama menunjukkan adanya keberkahan dan keikhlasan dari diri seorang muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

  1. Doa-Doa Dikabulkan

Doa orang berpuasa akan lebih mudah diijabah oleh Allah SWT, terutama ketika menjalani puasa Ramadhan. Dalam sebuah hadis, nabi menyampaikan bahwa pada bulan tersebut, pintu-pintu langit terbuka dan doa-doa orang muslim yang sabar, ikhlas, dan beradab baik akan dikabulkan oleh Allah.

Hadis Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Pixabay.com

Terdapat banyak sekali hadis yang menyampaikan berbagai keutamaan bulan Ramadhan. Hal ini menunjukkan betapa Rasulullah sangat mengagungkan bulan tersebut dan menekankan sekali kepada umatnya untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan.

Berikut beberapa hadis nabi yang membicarakan tentang keutamaan bulan Ramadhan:

Pada bulan Ramadhan, Allah menutup pintu-pintu neraka dan membuka pintu surga selebar-lebarnya. Para setan dikurung dalam neraka tersebut sehingga mereka tak lagi bisa menggoda manusia untuk melakukan kejahatan. Jika sudah demikian, wajar saja jika seharusnya seorang muslim dapat meningkatkan ibadahnya karena tidak ada siapapun yang mengganggu.

Puasa menjadi tameng manusia dari panasnya api neraka. Seseorang yang melakukan puasa dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, dijanjikan masuk surga oleh Allah dari jalan yang tidak disangka-sangka

Seseorang yang berpuasa Ramadhan akan diampuni segala dosa-dosanya pada masa terdahulu. Artinya, setelah bulan puasa berakhir ia akan menjadi suci kembali karena seluruh dosanya sudah dihapuskan oleh Allah SWT.

Demikian ulasan singkat dan padat terkait keistimewaan bulan Ramadhan. Semoga dapat menjadi referensi untuk mengisi khutbah menyambut Ramadhan, bulan penuh ampunan.